Asal-usul, Manfaat bagi Kesehatan, dan Efek Lainnya Minyak Tawon

Asal-usul, Manfaat bagi Kesehatan, dan Efek Lainnya Minyak Tawon

Asal-usul, Manfaat bagi Kesehatan, dan Efek Lainnya Minyak Tawon

LAMBUSI.COM, MAKASSAR – Asal-usul, Manfaat bagi Kesehatan, dan Efek Lainnya Minyak Tawon

banner 300600

Minyak tawon adalah salah satu minyak oles yang sudah turun temurun digunakan masyarakat Indonesia. Disebut minyak tawon bukan terbuat dari tawon, tetapi karena kemasannya berlogo tawon.

Minyak herbal ini diyakini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Simak artikel ini untuk mengetahui asal-usul minyak tawon, beserta manfaat bagi kesehatan, dan efek samping penggunaan.

Asal-usul Minyak Tawon
Minyak tawon adalah merek minyak gosok yang berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan. Dikutip dari situs Dinas Pariwisata Makassar, minyak tawon diproduksi sejak tahun 1912 oleh PT Tawon Jaya Makassar.

Perusahaan tersebut dirintis oleh seorang warga keturunan Tionghoa bernama Lia A Liat. Dari Makassar, perusahaan ini mengembangkan bisnis hingga kini minyak tawon bisa tersebar ke berbagai daerah di Indonesia.

Beberapa bahan alami yang digunakan untuk membuat minyak tawon adalah cengkih, minyak kayu putih, jahe, bawang, kunyit, minyak kelapa, dan daun lada. Minyak tawon khas dengan kemasan luarnya dari kertas putih dengan tulisan ‘Minyak Gosok’ dan cap gambar tawon.

Minyak Tawon terdiri dari beberapa ukuran. Selain itu, minyak tawon juga dibedakan berdasarkan warna tutupnya. Ada dua jenis, yaitu tawon tutup putih dan minyak tawon tutup merah.

Minyak tawon tutup putih harganya lebih mahal. Rasa panasnya lebih terasa dan lebih berkhasiat. Minyak tawon tutup putih cocok digunakan untuk pijat urut karena pegal-pegal atau keseleo. Sementara minyak tawon tutup merah cocok digunakan untuk luka lecet atau digigit serangga.

Manfaat Minyak Tawon
Ada sejumlah manfaat minyak tawon yang sudah dipercaya secara turun temurun, di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Membantu Meredakan Nyeri Otot
    Manfaat minyak tawon yang pertama adalah dapat meredakan nyeri otot. Manfaat ini diperoleh karena minyak tawon dapat melancarkan sirkulasi darah pada bagian yang diolesi, sehingga nyeri otot atau sendi bisa mereda. Kandungan minyak kayu putih di dalam minyak tawon juga mampu meringankan rasa pegal, keseleo, bengkak, dan pegal-pegal.
  2. Mengobati Gatal Akibat Gigitan Serangga
    Minyak tawon biasa digunakan untuk mengobati dan meredakan gatal akibat gigitan serangga, seperti nyamuk atau semut. Bekas gigitan ini biasanya menimbulkan bentol. Ekstrak kunyit di dalam minyak tawon bermanfaat mencegah peradangan dan mengurangi gejala gatal.
  3. Mengurangi Bengkak
    Keseleo, benturan atau luka dapat menyebabkan bengkak atau lebam. Mengoleskan minyak tawon pada area bengkak secara rutin akan mempercepat proses penyembuhan bengkak atau lebam.
  4. Mengatasi Perut Kembung
    Minyak tawon juga berkhasiat mengatasi masalah perut kembung atau masuk angin. Cukup oleskan berapa tetes minyak tawon pada area perut dan biarkan perut terasa membaik. Orang terkadang menggunakan minyak tawon dengan menghirupnya untuk mengurangi rasa mual.
  5. Mengobati Luka
    Minyak tawon juga sering digunakan untuk mengobati luka, seperti luka bakar atau luka lecet karena goresan. Oleskan minyak tawon ini pada luka menggunakan kapas yang bersih agar tidak ada bakteri menempel yang bisa menyebabkan infeksi.

Minyak tawon ini dapat mempercepat proses pengeringan luka dan membantu pengelupasan kulit sehingga kulit baru akan muncul.

Namun hindari penggunaan minyak tawon pada luka terbuka seperti kulit robek yang dalam. Minyak tawon cenderung aman untuk luka ringan. Pada luka berat, konsultasikan hal ini dengan dokter terlebih dahulu.

Efek Lain Minyak Tawon
Minyak tawon adalah minyak oles yang dibuat dari berbagai bahan herbal, sehingga cenderung aman digunakan sebagai obat luar. Namun bukan berarti semua orang akan cocok menggunakan minyak tawon ini.

Dalam kemasan minyak tawon pun tertulis adanya efek samping yang mungkin terjadi pada sebagian orang. Efek samping tersebut seperti iritasi, ruam, atau reaksi alergi. Hal ini mungkin terjadi pada orang yang hipersensitif atau memiliki riwayat alergi.

Maka sebelum menggunakan minyak tawon, pastikan Anda tidak pernah mengalami alergi karena minyak oles. Jika timbul reaksi, hentikan pemakaian minyak tawon dan berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Nah, itulah tadi informasi mengenai minyak tawon, mulai dari asal-usul, manfaatnya bagi kesehatan, serta efek samping yang mungkin timbul.(*)

(*) Redaksi

Eksplorasi konten lain dari Lambusi

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca