Eks Hakim MK: Jangan Mimpi Jadi Penyelenggara Pemilu Tanpa “Backup” Parpol

Eks Hakim MK: Jangan Mimpi Jadi Penyelenggara Pemilu Tanpa "Backup" Parpol

Eks Hakim MK: Jangan Mimpi Jadi Penyelenggara Pemilu Tanpa “Backup” Parpol

LAMBUSI.COM, JAKARTA — Eks Hakim MK: Jangan Mimpi Jadi Penyelenggara Pemilu Tanpa “Backup” Parpol

banner 300600

Eks hakim konstitusi, Aswanto, mengungkapkan bahwa seseorang mesti memiliki dukungan partai politik untuk dapat ditetapkan menjadi anggota lembaga penyelenggara pemilu.

Hal itu ia sampaikan selaku ahli dalam sidang lanjutan sengketa Pileg 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK), Senin (27/5/2024), dikutip dari laman kompas.com

“Jangan pernah mimpi untuk lulus jadi penyelenggara kalau tidak di-backup oleh partai politik tertentu. Saya mohon maaf saya ngomong kasar di situ,” ucap Aswanto.

“Saya punya data untuk itu. Beberapa kawan yang datang saya rekam, mereka mengatakan ‘saya diminta untuk bertanda tangan, tetapi saya tidak mau sehingga saya tidak lulus’. Ini yang menyebabkan orang yang merasa kalah dengan tidak cara yang benar,” jelas dia.

Aswanto juga mengaku mendapatkan informasi dari para pegawai Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di tingkat daerah bahwa seandainya partai politik tertentu melanggar ketentuan pemilu, maka “orang-orang KPU dan Bawaslu” bakal berkoordinasi dengan partai politik yang dimaksud sebelum menangani perkaranya.

Eksplorasi konten lain dari Lambusi

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca