News  

Tokoh Muhammadiyah Yang Berperan Penting atas Lahirnya Pancasila

Tokoh Muhammadiyah Yang Berperan Penting atas Lahirnya Pancasila

Tokoh Muhammadiyah Yang Berperan Penting atas Lahirnya Pancasila

LAMBUSI.COM, JAKARTA — Tokoh Muhammadiyah Yang Berperan Penting atas Lahirnya Pancasila

banner 300600

Sejumlah tokoh Muhammadiyah punya kontribusi signifikan dalam perumusan Pancasila. Siapa saja tokoh tersebut menarik diulas dalam rangka Peringatan Hari Lahir Pancasila yang bertepatan dengan hari ini, Sabtu (1/6/2024).

Mengutip muhammadiyah.or.id, berikut 5 tokoh Muhammadiyah yang berkontribusi atas lahirnya Pancasila:

  1. Ki Bagus Hadikusumo

Ki Bagus Hadikusumo adalah salah satu tokoh utama Muhammadiyah yang berperan penting dalam sidang-sidang BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia) dan PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia). Ia dikenal sebagai tokoh yang tegas dalam mempertahankan prinsip-prinsip Islam dalam pembentukan dasar negara.

Ki Bagus Hadikusumo selama sidang BPUPKI memperjuangkan agar nilai-nilai Islam tercermin dalam dasar negara Indonesia. Meski demikian, ia juga menunjukkan sikap kompromi dan toleransi ketika menerima Piagam Jakarta yang mencantumkan kalimat “Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya”.

Ketika akhirnya kalimat ini diubah demi persatuan nasional, Ki Bagus Hadikusumo tetap mendukung Pancasila sebagai dasar negara dengan semangat kebersamaan dan persatuan.

Eksplorasi konten lain dari Lambusi

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca