BP Tapera Rancang Benefit bagi Penabung yang Tidak Ambil Kredit Rumah

BP Tapera Rancang Benefit bagi Penabung yang Tidak Ambil Kredit Rumah

BP Tapera Rancang Benefit bagi Penabung yang Tidak Ambil Kredit Rumah

LAMBUSI.COM, Jakarta — BP Tapera Rancang Benefit bagi Penabung yang Tidak Ambil Kredit Rumah

banner 300600

Pemerintah mewajibkan para pekerja menyisihkan tiga persen pendapatannya tiap bulan. Aturan itu termaktub dalam Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2024 tentang penyelenggaraan Tabungan Perumahan Rakyat atau Tapera. Mereka yang terdaftar sebagai peserta bisa membeli, merenovasi, dan mendirikan rumah.

Komisioner Badan Pengelola Tabungan Rakyat (BP Tapera) Heru Pudyo Nugroho mengatakan peserta yang yang sudah memiliki rumah tetap wajib menabung. Mereka tetap mendapatkan manfaat dari program tersebut.

“Jadi benefit utamanya untuk penabung yang tidak memanfaatkan fasilitas kredit pemilikan rumah (KPR), masyarakat yang bukan berpenghasilan rendah (Non-MBR), atau kita sebut dengan penabung mulia, itu pengembalian pokok tabungan dan hasil pemupukannya,” kata dia dalam Konferensi Pers di Kantor Staf Presiden, Jumat, 31 Mei 2024.

Heru menjelaskan pemerintah saat ini sedang mengembangkan keuntungan tambahan bagi penabung mulia. Manfaat tambahan itu bisa berupa diskon khusus pada merchant tertentu hingga kemudahan kredit konsumsi di bank tertentu.

Ia menegaskan manfaat Tapera baru difokuskan kepada kepemilikan rumah pertama bagi masyarakat yang berpenghasilan rendah atau MBR. Saat ini masih ada skema pemanfaatan yang dikembangkan TB Tapera, yakni KPR, Kredit Bangun Rumah (KBR), dan Kredit Renovasi Rumah atau KRR.

Eksplorasi konten lain dari Lambusi

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca