Lembaga Keuangan Mikro (LKM) Ini Perluas Layanan untuk Lawan Rentenir dan Pinjol Ilegal

Lembaga Keuangan Mikro (LKM) Ini Perluas Layanan untuk Lawan Rentenir dan Pinjol Ilegal

Lembaga Keuangan Mikro (LKM) Ini Perluas Layanan untuk Lawan Rentenir dan Pinjol Ilegal

LAMBUSI.COM, Tangerang — Lembaga Keuangan Mikro (LKM) Ini Perluas Layanan untuk Lawan Rentenir dan Pinjol Ilegal

banner 300600

Lembaga Keuangan Mikro ( LKM) Artha Kerta Raharja Kabupaten Tangerang memperluas area jaringan dan layanannya untuk melawan rentenir dan pinjaman online atau pinjol ilegal yang kini marak.

Jangkauan layanan perusahaan daerah milik Pemerintah Kabupaten Tangerang bersama Provinsi Banten dan Jawa Barat diperluas ke 29 kecamatan Kabupaten Tangerang dengan target ribuan pedagang mikro di 44 pasar di wilayah itu.

“Jangkauan layanan kami perluas dari sekitar 18 kecamatan menjadi 29 kecamatan,” ujar Direktur Utama LKM Artha Kerta Raharja Raden Deny Hikmat kepada Tempo, Senin 27 Mei 2024, yang dikutip media ini.

Menurut Deny, dengan perluasan jaringan dan memperluas layanan ini LKM Artha semakin masif dalam perang melawan rentenir dan pinjol ilegal yang banyak menjebak pedagang kecil dan masyarakat. “Ini untuk memperkecil ruang gerak rentenir dengan modus bank keliling, koperasi dan pinjol ilegal,” kata Deny.

Upaya melawan rentenir sudah mulai dilakukan LKM ini sejak 2022 lalu. Menurut Deny, langkah ini dilakukan setelah melihat fenomena banyaknya usaha mikro dan masyarakat yang terlilit utang rentenir, bank keliling hingga pinjol ilegal.

“Ada korban yang stres bahkan mengakhir hidupnya dengan cara yang tragis,” ucapnya.

Eksplorasi konten lain dari Lambusi

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca