Ini Ciri-Ciri Air Radiator Mobil Sudah Minta Diganti

Ini Ciri-Ciri Air Radiator Mobil Sudah Minta Diganti

Ini Ciri-ciri Air Radiator Mobil Sudah Minta Diganti

LAMBUSI.COM, OTOMOTIF — Ini Ciri-ciri Air Radiator Mobil Sudah Minta Diganti

banner 300600

Jangan anggap sepele keberadaan air radiator pada mobil karena punya peran vital pada kendaraan. Yuk simak!

Air radiator atau coolant merupakan komponen penting pada sistem pendingin mobil. Fungsinya untuk menjaga suhu agar mesin tidak panas atau overheat saat berkendara.

Seperti halnya oli, cairan pendingin juga harus diganti secara berkala untuk menjaga performa optimal kendaraan.

Jadi, bagaimana cara mengetahui tanda cairan pendingin mobil harus diganti? Merangkum beragam sumber, Minggu (26/5/2024), berikut beberapa indikasi coolant harus diganti.

Warna Coolant Berubah

Cairan pendingin baru berwarna hijau, kuning, atau merah cerah. Jika cairan pendingin berubah warna menjadi coklat, berkarat, atau keruh, ini menandakan cairan pendingin sudah jenuh dan harus diganti.

Permukaan Coolant Berbusa

Adanya gelembung pada permukaan cairan pendingin menandakan bahwa udara telah masuk ke dalam sistem pendingin. Hal ini dapat menyebabkan panas berlebih dan kerusakan pada bagian-bagian mesin.

Kurang Volume Coolant

Jika tidak ada kebocoran dan level cairan pendingin menurun secara signifikan, hal ini menandakan cairan pendingin tidak berfungsi dengan baik dan harus diganti.

Mesin Cepat Panas (Overheating)

Panas berlebihan merupakan tanda jelas bahwa cairan pendingin tidak lagi dapat mendinginkan mesin dengan baik. Jika mobil Anda sering kepanasan, segera periksa kondisi cairan pendingin Anda dan ganti bila perlu.

Muncul Endapan di Reservoir Coolant

Endapan pada reservoir cairan pendingin menunjukkan bahwa cairan pendingin terkontaminasi dan perlu diganti.

Berapa Lama Coolant Mobil Harus Diganti?

Cairan pendingin yang telah digunakan dalam waktu yang cukup lama pasti akan mengalami penurunan kinerja. Disarankan untuk mengganti cairan pendingin ini setiap dua tahun atau setiap 38.000 kilometer. Meskipun demikian, waktu dan jarak tersebut dapat disesuaikan dengan spesifikasi mobil yang Anda miliki.

Bagaimana Cara Mengetahui Bahwa Radiator Kondisi Normal?

Anda bisa mengetahui apakah radiator normal atau tidak dengan melihat adanya kotoran yang menyumbat di dalamnya. Jika terdapat kotoran yang tersumbat di dalam radiator mobil, maka radiator tersebut perlu dibersihkan dan dikuras agar kembali berfungsi secara optimal.

Apa Resiko Air Radiator Mobil Habis?

Mobil Anda dapat mengalami risiko overheating atau bahkan mogok. Bunyi mesin yang kasar menunjukkan bahwa air radiator telah habis. Langkah yang perlu Anda lakukan adalah segera menepi dan berhenti. (*)

(*) Redaksi

Eksplorasi konten lain dari Lambusi

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca