Jimly Sebut “Amicus Curiae” Megawati Bisa Dipertimbangkan Hakim MK di Sidang Sengketa Pilpres

Jimly Sebut "Amicus Curiae" Megawati Bisa Dipertimbangkan Hakim MK di Sidang Sengketa Pilpres

Jimly Sebut “Amicus Curiae” Megawati Bisa Dipertimbangkan Hakim MK di Sidang Sengketa Pilpres

LAMBUSI.COM, JAKARTA – Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Jimly Asshiddiqie mengatakan, pemikiran Megawati yang disebut sebagai bagian dari “Amicus Curiae” atau Sahabat Pengadilan bisa menjadi salah satu bahan pertimbangan hakim konstitusi.

banner 300600

Adapun “Amicus Curiae” dibuat Megawati untuk MK di tengah proses sidang sengketa hasil pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

“Iya. Tentu hakim tahu hukumnya,” kata Jimly di Kertanegara, Jakarta, Rabu (10/4/2024), yang dikutip dari laman kompas.com

Jimly juga mengapresiasi tulisan yang dibuat Megawati. Sebab, hal itu merupakan ungkapan ekspresi dari seorang ibu bangsa.

“Itu ungkapan perasaan dari seorang ibu bangsa gitu dan saya rasa itu baik sekali, ekspresi pikiran perasaan banyak orang,” ujarnya.

Selain itu, dia meminta semua pihak mempercayakan proses yang berjalan di MK.

Menurut Jimly, para hakim konstitusi bisa membuat keputusan terbaik terkait sengketa hasil pilpres. Meski begitu, dia juga mengakui bahwa keputusan MK tidak bisa memuaskan semua pihak. Tetapi, keputusan itu nantinya harus tetap diterima.

“Tentu tidak memuaskan semua tapi kita harus terima sebagai negara kontitusional, apa yang diputuskan oleh MK itu itu lah yang keadilan dan kebenaran konstitusional yang harus kita terima,” kata Jimly.

Eksplorasi konten lain dari Lambusi

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca