Pramuka Wajib Ditawarkan Jadi Ekskul, Keikutsertaannya Sukarela

Pramuka Wajib Ditawarkan Jadi Ekskul, Keikutsertaannya Sukarela

Pramuka Wajib Ditawarkan Jadi Ekskul, Keikutsertaannya Sukarela

LAMBUSI.COM, JAKARTA — Pramuka Wajib Ditawarkan Jadi Ekskul, Keikutsertaannya Sukarela

banner 300600

Kemendikbud sebut sekolah tetap wajib menawarkan pramuka sebagai ekstrakurikuler, tapi keikutsertaannya sukarela.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memastikan kegiatan pramuka masih menjadi ekstrakurikuler atau ekskul wajib di sekolah.

Namun, keikutsertaannya tidak wajib melainkan sukarela.

Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP), Anindito Aditomo, menegaskan sekolah di tingkat usia dini maupun menegah wajib menjalankan kegiatan ekstrakurikuler pramuka dalam kurikulum merdeka.

Ia mengacu pada Peraturan Mendikbudristek Nomor 12 Tahun 2024 tentang Kurikulum pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah yang mewajibkan sekolah menyelenggarakan minimal satu ekstrakurikuler. Selain itu, Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka juga mewajibkan satuan pendidikan untuk memiliki gugus depan.

“Permendikbudristek 12/2024 tidak mengubah ketentuan bahwa pramuka adalah ekstrakurikuler yang wajib disediakan sekolah. Sekolah tetap wajib menyediakan setidaknya satu kegiatan ekstrakurikuler, yaitu pramuka,” ujar Anindito dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin (1/4/2024), dikutip dari laman tirto.id

Anindito membantah Kemendikbudristek berniat untuk meniadakan pramuka. Ia malah menekankan bahwa Permendikbudristek Nomor 12 Tahun 2024 justru menguatkan peraturan perundangan dalam menempatkan pentingnya kegiatan ekstrakurikuler di satuan pendidikan.

Eksplorasi konten lain dari Lambusi

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca