Dewan Pers Telah Menetapkan Gugus Tugas dan Timsel Anggota Komite Tanggungjawab Perusahaan Platform Digital

oleh -63 Dilihat

Lebih lanjut Ninik mengatakan bahwa ada dua tujuan penting dari Perpres No. 32 Tahun 2024 ini.
Pertama adalah memberikan dukungan untuk ekosistem pers yang sehat. Maka ada berbagai tanggung jawab yang akan diminta kepada perusahaan platform seperti yang dituangkan di dalam Pasal 5 Perpres ini.
Kemudian yang kedua, memberikan upaya terbaik untuk membantu memprioritaskan fasilitasi konten-konten berita yang diproduksi oleh perusahaan pers.
Sementara yang ketiga memberikan perlakuan yang adil kepada semua perusahaan pers tidak memandang perusahaan besar maupun kecil. “Yang terpenting adalah perusahaan pers yang sudah terverifikasi,” tambahnya

Selengkapnya, berikut uraian lini masa proses pembentukan Gugus Tugas dan Tim Seleksi Komite Tanggung Jawab Perusahaan Platform Digital untuk Mendukung Jurnalisme Berkualitas:

  1. Berdasarkan putusan rapat pleno ke-29 Dewan Pers pada tanggal 23 Februari 2024 dan menindaklanjuti Perpers No. 32 Tahun 2024 tentang Tanggung Jawab Perusahaan Platform Digital, telah disetujui untuk membentuk gugus tugas yang terdiri dari anggota Dewan Pers dan 3 organisasi wartawan, yaitu PWI, AJI, IJTI.
  2. Pada tanggal 28 Februari 2024 pukul 15.00 di Gedung Dewan Pers lantai 7, Tim Gugus Tugas mengadakan rapat pertama dengan agenda menyiapkan mekanisme kerja komite, menyusun kerangka kerja pembentukan tim seleksi, dan menyepakati Ketua Dewan Pers sebagai ex-officio ketua gugus tugas
  3. Tanggal 29 Februari 2024, ketua gugus tugas mengirimkan surat permohonan penunjukan perwakilan dari Dewan Pers dan organisasi wartawan (AJI, PWI, PFI, dan IJTI) sebagai anggota tim seleksi.
  4. Tanggal 2 Maret 2024, gugus tugas membentuk tim seleksi yang beranggotakan Totok Suryanto, Ninuk Pambudi, Imam Wahyudi, Bayu Wardhana, dan Wiendha Prawitasari melalui pleno.
  5. Tanggal 4 Maret 2024, gugus tugas melaksanakan rapat pembahasan dan menyetujui kerangka kerja tim seleksi serta dilanjutkan dengan rapat internal tim seleksi.

Hasil putusan rapat internal tim seleksi disepakati Saudara Imam Wahyudi menjadi ketua tim seleksi dan Saudari Ninuk Pambudi sebagai sekretaris.

Narahubung: 1. A. Sapto Anggoro – Komisi Informasi dan Komunikasi Dewan Pers (0818807419) (*)

(*) Redaksi

Sumber: Dewan Pers

No More Posts Available.

No more pages to load.