Timsel Bawaslu Kabupaten/Kota Laksanakan Sosialisasi di Kabupaten Takalar

oleh -200 Dilihat

LAMBUSI.COM,TAKALAR-Dalam rangka pembentukan Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota, Tim Seleksi Calon Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota Wilayah I Provinsi Sulawesi Selatan, menggelar Sosialisasi seleksi calon Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota, bertempat di Shareloc Cafe, Kabupaten Takalar, Selasa, 23/05/2023.

Tim Seleksi (Timsel) calon Anggota Bawaslu Zona 1 Sulsel terdiri dari Dr. Muhammad Syahid, MT, M. Nawir, S.S, Dr. Mardia, M.Ag, Dr. Sufyanto, S.Ag dan Muhammad Ridha, S.Hi, MA. Berdasarkan Keputusan Ketua Bawaslu Republik Indonesia Nomor 176/HK.01.01/K1/05/2023 Tentang Penetapan Anggota Tim Seleksi Anggota Badan Pengawas Pemilihan Umum dan Panitia Pengawas Pemilihan Kabupaten/Kota Masa Jabatan 2023-2028 di Seluruh Indonesia atas kewenangan yang diberikan oleh Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum membuka kesempatan bagi Warga Negara Indonesia yang memenuhi persyaratan untuk mendaftarkan diri sebagai calon anggota Bawaslu

Pembentukan Bawaslu Kabupaten/Kota pada Provinsi Sulawesi Selatan di Wilayah I, meliputi: Kabupaten Takalar, Kabupaten Jeneponto, Kabupaten Bantaeng, Kabupaten Bulukumba, Kabupaten Sinjai dan Kabupaten Kepulauan Selayar.

“Masyarakat yang berminat untuk mendaftarkan diri dan berpartisipasi dalam tahapan penjaringan dan penyaringan calon Anggota Bawaslu Kabupaten/Kota, dapat memperhatikan Persyaratan Calon dan Ketentuan yang berlaku. Selain itu ada peluang keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen”. Ungkap Ketua Timsel Zona 1 Sulsel, Dr. Muhammad Syahid, MT.

Sesuai jadwal tahapan Sosialisasi bakal calon anggota Bawaslu Kabupaten/Kota, dilaksanakan Senin, 22 Mei 2023 s.d Sabtu, 27 Mei 2023, dan dilanjutkan tahapan Penerimaan Pendaftaran Bakal Calon Bawaslu Kabupaten/Kota pada Senin, 29 Mei 2023 s.d Rabu, 7 Juni 2023. Kemudian adapun tahapan proses penjaringan dan penyaringan yang akan dilalui yaitu: Penelitian Administrasi; Pelaksanaan Tes Tertulis dan Tes Psikologi; Tanggapan dan Masukan Masyarakat.

Pelaksanaan Tes Kesehatan dan Tes Wawancara; Uji Kelayakan dan Kepatutan. Untuk dokumen persyaratan dan keterangan lebih lanjut dapat diperoleh di Sekretariat Tim Seleksi atau melalui laman https://sulsel.bawaslu.go.id/.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, diantaranya adalah penyelenggara pemilu, media, organisasi masyarakat islam, organisasi perempuan/tokoh perempuan, organisasi disabilitas, dan organisasi masyarakat adat untuk mengajak ikut serta dalam proses seleksi.