Sami Latbual Sebut Abdula Wael Sebagai Raja Yang Sah.

oleh -263 Dilihat

LAMBUSI.COM,Kabupaten Buru Maluku- Advocat yang juga tokoh Soar Pito Petuanan Kayeli, Sami Latbual menyebutkan kalau Jou Abdullah Wael adalah Raja yang sah dan bukan Fandi Ashari Wael. Ketegasan ini disampaikan saat jumpa pers 20 maret 2023 kemarin.

Karena itu dalam jumpa pers yang bertajuk Soar Pito Soar Pa Menolak Dengan Tegas Fandi Ashari Wael Sebagai Raja Kayeli dan hanya mengakui Abdullah Wael sebagai Raja yang sah, Sami Latbual mengatakan, pengenalan Fandi Ashari Wael sebagai Raja yang berlangsung di Desa Wapsalit, Kecamatan Lolongquba, merupakan sebuah kegelisahan bagi masyarakat adat.

Sebagai putra yang tidak bisa dilepas pisahkan dari bagian Noro Pito dan Noro Pa, ia menilai apa yang dilakukan Sabtu lalu adalah cara-cara yang tidak benar dengan persekutuan hukum adat di Buru.

Ia menegaskan tahun 2016 lalu telah terjadi pengukuhan atau pelantikan dari seorang Raja yang namanya Abdullah Wael.

Abdullah Wael yang memilih pensiun kemudian dikukuhkan menjadi Raja Petuanan Kayeli, lanjut Sami, secara perspektif menurut hukum adat Buru, telah memenuhi seluruh unsur untuk dikatakan sebagai Raja yang sah.

Dikatakan seperti itu, karena sistem dan mekanisme pengangkatan Raja saat itu telah dilakukan dari gitar Pito, lalu dilanjutkan ke Kotbesi berlanjut sampai di Kayeli sampai selesai, termasuk dihantarkan ke Hinolong Baman. Kemudian dinobatkan sebagai Raja yang sah.

Dalam prosesi tahun 2016 lalu Abdullah Wael juga turut diantarkan orang-orang yang membuat onar dengan peristiwa pengenalan Fandi sebagai raja yang baru.

Sami tanpa tedeng aling-aling langsung menunjuk batang hidung Kaksodin Ali Wael yang di tahun 2016 lalu turut menghantar Abdullah Wael.

“Seiring waktu berjalan, tidak ada hujan, tidak ada badai, Ali Wael melakukan prosesi terhadap adik kami Fandi. Ini yang menurut kami bertentangan dengan hukum-hukum adat, pelantikan Raja di atas Raja,” tandas Sami seraya menjelaskan kenapa ia menyebut adiknya Ali Wael adalah bagian dari orang-orang yang membuat onar.

Kata Sami pelantikan Raja baru boleh dilakukan bila Raja lama berhalangan tetap (meninggal dunia) atau mengundurkan diri karena sesuatu sebab.

No More Posts Available.

No more pages to load.