Polisi Segerah Tindak Cepat ; APRI di Duga Kuat Main Tambang Ilegal.

oleh -164 Dilihat

LAMBUSI.COM,Kabupaten Buru Maluku – Tidak menghargai petugas, sekelompok organisasi dari Asosiasi Penambang Rakyat Indonesia (APRI) diduga kuat mengawal proses pekerjaan pertambangan ilegal dengan mengunakan alat berat jenis excavator.

Dugaan ini berdasarkan pantauan media secara lansung tentang aktivitas alat berat yang sedang berlansung di kawasan kali anahoni pada minggu terakhir Rabu 22 Februari 2023.

Terlihat empat orang berseragam pakain APRI lengkap sedang bersamaan dengan proses pekerjaan excavator tersebut melakukan pengalian material pasir bercampur emas.

Berdasarkan informasi, material yang di gali kemudian di taruhkan ke dalam karung hingga bertumpuk. Tak hanya itu, Apri juga di duga kuat dalam pembuatan bak rendaman besar di sekitar kawasan kali anahoni tersebut.

Keberadaan alat berat ini dinilai mencederai proses hukum seakan apri tidak menghargai petugas.

Padahal sebelumnya TNI Polri telah melakukan operasi penyisiran pertambangan emas ilegal dikawasan gunung botak hingga ke kali anahoni pada tanggal 25 Januari 2023 hingga tanggal 6 Februari berdasarkan surat perintah Kapolres Pulau Buru bernomor ; Sprin/ 130/ OPS.1.3./ I/ 2023, yang dipimpin Kabag Ops Polres Buru, AKP Uspril W. Futwembun.

Untuk itu Polres Pulau Buru di mintai untuk segerah bertindak tegas tentang status keberadaan alat berat tersebut yang kini masih berada di lokasi tambang ilegal tersebut.(SF)