Peringati Hari Jadi Takalar, Bunda Paud Gelar Talkshow Parenting

oleh -133 Dilihat

LAMBUSI.COM,Takalar,Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kab. Takalar ke-63 tahun 2023, telah dilaksanakan Festival PAUD 2023 Talkshow Parenting di Baruga I Mannindori Kantor Bupati Takalar, Selasa 7 Februari 2023.

Bunda PAUD Kab. Takalar Sri Astuti Thamrin Setiawan, S.Si. M.Stat. Ph.D dalam membuka Talkshow menyampaikan bahwa begitu pentingnya kita memperhatikan PAUD karena dengan memperhatikan anak usia dini berarti kita bisa menciptakan anak yang sehat, cerdas dan berakhlak mulia.

“Mari kita bersama-sama menggalakkan PAUD di desa kita dan menjadikan PAUD di desa sebagai PAUD HI. Untuk Kab. Takalar, jumlah PAUD HI kurang lebih 200 PAUD” jelas Bunda Paud Takalar.

Ada beberapa program kerja bunda PAUD diantaranya pembentukan kelompok kerja bunda PAUD, pembinaan dan pengawasan terhadap penyelenggaraan PAUD berkualitas dengan layanan holistik integratif dan kerjasama dengan pemangku kepentingan berbagai lembaga dan organisasi. Dari program tersebut jika bunda PAUD sudah bersinergi dengan OPD, percepatan pencapaian PAUD HI untuk menciptakan anak yang sehat, cerdas dan berakhlak mulia akan cepat kita peroleh.

PAUD itu sangat penting, jika pada usia PAUD mereka tumbuh dengan sehat dan cerdas mereka juga akan menjadi mahasiswa yang cerdas dan berakhlak mulia. Jika karakter tersebut tertanam sejak dini maka akan terbawa dengan sendirinya sampai kejenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Sementara itu, Ketua Panitia Festival PAUD 2023 dr. Agusmiani Ahmad, Sp. THT dalam laporannya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari festival PAUD 2023 yabg merupakan bagian dari rangkaian hari jadi ke-63 Kab. Takalar dengan tujuan untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan dalam mengasuh anak usia dini.

Kegiatan berlangsung sehari yang diikuti kurang lebih 250 peserta yang terdiri dari Bunda PAUD Kecamatan, Kelurahan/Desa se-Kab. Takalar, Tenaga Pendidik PAUD, perwakilan orang tua siswa. Adapun Narasumber dari kegiatan Talkshow adalah dr. Nila Mayasari, M. Kes, Sp. KFR(K) Dampak Screen Time pada Perkembangan Anak Usia Dini dan dr. Nur Ashari, M. Kes, Sp. GK(K) Gizi Optimi AUD untuk Generasi Cerdas & Sehat.

Dilaporkan pula bahwa Festival PAUD terdiri dari beberapa kegiatan diantaranya lomba kegiatan menu sehat, lomba senam cuci tangan, lomba angaru dalam menanamkan kearifan lokal.

Talkshow diawali dengan pertunjukan tari butta kalassukangku yang dipersembahkan anak-anak Paud HI Pattallasang.

Kegiatan dihadiri Pimpinan OPD Kab. Takalar, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kab. Takalar, Ketua Pokja Bunda PAUD Kab. Takalar, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kab. Takalar, Pengurus PKK, Ketua Persatuan Guru Kab. Takalar, Ketua Himpaudi Kab. Takalar, Ketua Ikatana Guru Taman Kanak-Kanak Kab. Takalar, Ketua IGBA Kab. Takalar.