Angka Stunting Berhasil Turun 6 Peringkat, Pj Ketua TP PKK : Ini Capaian Menggembirakan

oleh -120 Dilihat

LAMBUSI.COM,Takalar-Kabupaten Takalar berhasil menurunkan angka stunting yang sebelumnya berada pada peringkat 23 menjadi peringkat 19 se-Sulawesi Selatan.

Pj Ketua Tim Penggerak PKK Takalar Dr. Sri Astuti Tamrin menyambut baik capaian yang menggembirakan bersifat progressif dari tahun sebelumnya tersebut.

Ia pun menyampaikan bahwa capain yang diperoleh Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Takalar ini menggambarkan bahwa upaya-upaya yang dilakukan selama ini berdampak nyata pada penurunan stunting.

“Kedepan, sesuai arahan Bapak Gubernur Andi Sudirman Sulaiman, kita ingin Takalar bisa lebih akseleratif dalam penurunan angka stunting. Upaya lintas sektoral terus kita kuatkan, khususnya juga dikaitkan kebijakan lainnya khususnya penanganan kemiskinan ekstrim baik secara keluarga maupun individu,” Jelas Pj Ketua TP PKK Dr. Sri Astuti.

Lebih jauh Pj Ketua TP PKK Dr. Sri Asturi memaparkan bahwa sejumlah program kegiatan yang menyasar remaja putri pra nikah, pasangan pengantin baru, ibu hamil, serta bayi dan balita telah siapkan melalui rencana aksi bersama lintas OPD, lintas stakehokder dan lintas jenjang pemerintahan, mulai dari desa, kecamatan, kabupaten hingga pemerintah provinsi dan intervensi pemerintsh pusat.

TP PKK perlu dilibatkan untuk membantu menurunkan stunting dengan memberikan perhatian dan pembinaan bagi rumah tangga tentang 1000 HPK, pemenuhan gizi seimbang serta PHBS. Kemudian memberikan pembinaan dan dukungan terhadap tim pendamping keluarga dan semua agen perubahan di Takalar dalam upaya percepatan penurunan stunting.

Memberikan edukasi kepada remaja dan pasangan usia subur untuk tidak hamil dan melahirkan diusia terlalu muda, terlalu tua, terlalu sering dan terlalu dekat jaraknya.

“Stunting merupakan masalah yang kompleks, sehingga perlu diselesaikan secara bersama-sama dengan berkolaborasi /melibatkan berbagai sektoral mulai dari level desa hingga kabupaten sehingga harapannya Takalar akan menjadi kabupaten yang ‘zero stunting’ di masa yang akan datang,” Pungkas Dr. Sri Astuti Thamrin selaku Pj Ketua TP PKK.