Proyek Mencapai Rp. 42,71 Triliun Akan Dibangun di Makassar

oleh -201 Dilihat

LAMBUSI.COM, MAKASSAR — Proyek Mencapai Rp. 42,71 Triliun Akan Dibangun di Makassar

Tujuh megaproyek rencananya akan dibangun di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) pada tahun ini dengan potensi investasi proyek bisa mencapai Rp. 42,71 T.

Megaproyek yang dimaksud antara lain kelanjutan pembangunan rel Kereta Api Makassar – Parepare, reklamasi Centre Point of Indonesia (CPI), Rumah Sakit Khusus Otak dan Jantung (RSKOJ), kelanjutan pembangunan Makassar New Port (MNP), tol layang, Pengelolaan Sampah Berbasis Energi Listrik (PSEL), dan pedestrian layang di Pantai Losari atau Japparate.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Sulsel Sulkaf Latief mengungkapkan pembebasan lahan proyek Kereta Api Makassar-Parepare yang seharusnya rampung 2022 akan dialihkan pada 2023 akibat sempat terjadi silang pendapat antara pemerintah provinsi dan pemerintah kota terkait konsep rel yang melintasi wilayah Makassar. Akibatnya, proyek ini akan dikebut dan menjadi target utama investasi tahun ini.

Nilai investasi untuk pembebasan lahan mencapai Rp1,2 triliun dengan luas 43 hektare yang akan melintasi Kelurahan Sudiang, Kelurahan Bulurokeng, Kelurahan Untia, dan Kelurahan Bira.