Sambut Kunjungan Wakil Ketua DPRD Bau-Bau, Sekda Paparkan Potensi Pertanian Takalar

oleh -168 Dilihat

LAMBUSI.COM, Takalar-Sekretaris Daerah (Sekda) Takalar H. Muhammad Hasbi, S.Stp.,M.Ap menyambut kunjungan kerja Wakil Ketua DPRD Bau-Bau, Provinsi Sulawesi Tenggara H. Kamil, S.P bersama rombongan di Ruang Rapat Setda Takalar, Rabu (7/12/2022) pagi.

H. Muhammad Hasbi didampingi kabag Perekonomian Setda Takalar Muh. Iqbal memperkenalkan keunggulan dan letak geografis Takalar yang berbatasan langsung dengan kota Makassar.

Salah satu yang dijelaskan H. Hasbi yakni produksi hasil pertanian dan hasil laut yang menjadi merupakan sumber mata pencaharian utama warga.

“Hampir sebagian besar wilayah kita itu merupakan daratan sehingga ini yang dimanfaatkan untuk produksi hasil pertanian. Sementara untuk hasil laut kita salah satu yang diunggulkan adalah telur ikan terbang, dimana para nelayan kami di Takalar mencari telur ikan terbang ini hingga ke fak-fak Papua,” Kata Sekda.

Kemudian, Lanjut Sekda Takalar menjelaskan bahwa dalam RPJMD ada program prioritas satu sapi satu KK petani miskin dan Sejumlah bantuan untuk meningkatkan produktivitas pertanian di Takalar.

“Jadi hampir seluruh kelompok tani di Takalar mendapatkan bantuan. Takalar juga tiga tahun terakhir mendapatkan program SIMURP yakni sistem irigasi modern untuk prasarana pertanian jadi kita fokus untuk perbaikan dan pembuatan jaringan irigasi yang baru dan kami adalah salah satu yang mendapatkan prioritas program SIMURP ini,” lanjut mantan Kadis Pertanian Takalar tersebut.

Khusus untuk penyuluh didukung dengan pengembangan SDM dan fasilitas satu motor satu penyuluh untuk membangkitkan semangat penyuluh dalam menjalankan tugas sehari-hari melaksanakan pendampingan dan transfer ilmu kepada para petani.

Asuransi ternak dan Asuransi untuk tanaman padi juga masuk dalam salah satu program yang dijalankan oleh Dinas Pertanian saat ini untuk mendukung peningkatan produksi pertanian.

H. Hasbi berharap dalam kunjungan ketua DPRD Kota Bau-Bau ke Takalar menjadi sarana saling sharing dan transfer ilmu dalam bidang pertanian.