Dua tahun Zona Integritas, Inspektorat Jenderal Kembali Melakukan Monitoring dan Evaluasi pada Kanim Makassar

oleh -164 Dilihat

LAMBUSI.COM, Makassar – Pemberian Predikat Zona Integritas Oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi kepada Kantor Imigrasi Kelas I TPI Makassar pada tahun 2020 lalu kini telah memasuki tahun kedua. Predikat yang di peroleh ialah Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan juga Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM).

pada tahun kedua ini, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Makassar akan kembali di nilai untuk mempertahankan predikat tersebut. Untuk itu Tim Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Hukum dan HAM melakukan monitoring dan evaluasi dua tahun predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) pada Kantor Imigrasi Makassar ini.

Hal ini dilakukan untuk meninjau dan juga menilai progres dan Inovasi yang telah dilakukan masih berjalan dan juga meninjau Inovasi yang baru, pasca penerimaan predikat tersebut.

Ketua Tim Itjen Doktor Guming mengatakan, Predikat WBBM merupakan predikat yang diberikan kepada unit kerja yang telah berhasil melaksanakan reformasi birokrasi dan telah memenuhi indikasi bebas dari korupsi, pelayanan publik yang prima, dan kinerja yang baik.

ia mengatakan, Predikat Zona Integritas ini dapat dicabut jika Instansi tersebut dinilai sudah tidak lagi memenuhi kriteria berdasarkan penilaian atau evaluasi yang dilakukan di lapangan. Imbasnya, Unit kerja yang telah dicabut predikatnya tidak lagi dapat diajukan untuk mendapatkan predikat Menuju WBK atau WBBM selang 2 tahun setelah penetapan pencabutan ditertibkan.

Kepala Kantor Imigrasi Makassar Agus Winarto mengatakan, Imigrasi Makassar telah memperoleh predikat WBBM dari KemenPAN RB sejak 2020 atas upaya pembangunan Zona Integritas yang berkesinambungan. Telah banyak Inovasi yang telah ia lakukan namun saat ini inobasi tersebut dirasa masih kurang untuk melayani masyarakat sehingga tetap dibutuhkannya inovasi baru yang lebih mengikuti perkebangan zaman.

ia menambahkan pada penilaian kali ini terdapat 3 inovasi yang akan di tonjolkan, yaitu Taman Integritas, Pembentukan Unit Layanan Paspor Gowa, dan Kaisar Podcast. inovasi tersebut ia harapkan mampu menjawab kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan keimigrasian.(*)

https://lambusi.com/wp-content/uploads/2024/04/IMG-20240410-WA0000.jpg