Daerah  

Riset Produk Edible Film dari Kitosan dan Umbi Porang Mahasiswa Politani Pangkep Melaju ke Pimnas 2022

Riset Produk Edible Film dari Kitosan dan Umbi Porang Mahasiswa Politani Pangkep Melaju ke Pimnas 2022

LAMBUSI.COM, Pangkep – Politani Pangkep bersuka cita mengutus Tim mahasiswa melaju ke PIMNAS pada  Rabu (30/11/2022).

Tim PKM Riset Eksakta (RE) yang beranggotakan 5 mahasiswa Politani Pangkep, Muh. Imran (Agroindustri), Alan Farrel, Mutmainnah Selpiana, Istiqamah, dan Sela Nehayanu berhasil lolos seleksi ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) ke-35 tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Kemdikbudristekdikti, yang bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Malang sebagai tuan rumah pada  Desember 2022.

banner 300600

Riset yang dilakukan mahasiswa Politani Pangkep tersebut berjudul “Diversifikasi Glukomanan Umbi Porang pada Produk Edible Film dari Kitosan”. Mereka memanfaatkan potensi lokal Kabupaten Pangkep Sulawesi Selatan yaitu cangkang rajungan yang selama ini tidak dimanfaatkan atau dibuang sebagai limbah. Cangkang rajungan mengandung kitosan atau kitin sekitar 22,66%. Tim riset eksakta Politani Pangkep memformulasikan kitosan ini dengan glukomanan dari umbi porang menjadi produk edible film.

Edible film sendiri merupakan lapisan yang dapat dikonsumsi. Tim RE Politani Pangkep dengan didampingi Gusni Sushanti selaku dosen pembimbing, berhasil membuat produk edible film yang tahan air, ketebalan baik, daya hambat mikrobiologi, dan biodegradasi yang baik.

Hasil riset ini tentunya merupakan kabar gembira karena limbah cangkang rajungan dapat dimanfaatkan, dapat mengurangi limbah, dan menjadi produk yang ekonomis. Selain itu, umbi porang yang sumber dayanya cukup melimpah di Sulawesi Selatan juga termanfaatkan melalui riset ini.

Para mahasiswa Politani Pangkep tersebut melakukan proses seleksi melalui program Dikti bernama PKM (Pekan Kreativitas Mahasiswa) yang memiliki banyak bidang di dalam pelaksanaannya. Tim ini mengikuti bidang PKM-RE (Riset Eksakta) dengan alur seleksi PKM yang sangat ketat. Selanjutnya, diberikan pendanaan dari Dikti untuk melaksanakan penelitiannya dari bulan Juni-Agustus 2022. Setelah itu, tim tersebut harus mempresentasikan di hadapan para juri secara daring yang menentukan apakah lolos ke PIMNAS atau tidak. Tanggal 14 Oktober 2022, diumumkan bahwa mahasiswa Politani Pangkep lolos ke ajang PIMNAS dan menjadi tim Riset Eksakta satu-satunya yang lolos yang akan mewakili Politani Pangkep berkompetisi dengan kampus lainnya dari seluruh Indonesia.

Eksplorasi konten lain dari Lambusi

Langganan sekarang agar bisa terus membaca dan mendapatkan akses ke semua arsip.

Lanjutkan membaca