Sekda Serahkan RAPBD 2023 ke DPRD Takalar

oleh -184 Dilihat

LAMBUSI.COM, Takalar – Sekretaris Daerah (Sekda) Takalar menyerahkan Rancangan Peraturan Daerah tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2023 dalam sidang paripurna DPRD Takalar, Senin (28/11/2022).

Disaksikan pimpinan DPRD, anggota DPRD serta sejumlah pimpinan OPD, Ranperda APBD 2023 diserahkan Sekda Takalar H. Muhammad Hasbi, S.Stp., M.Ap kepada Wakil Ketua DPRD Erni Halerah.

Dalam penyampaiannya mewakili Bupati dan Wakil Bupati Takalar, Sekda menyampaikan bahwa dalam RKPD tahun 2023 Pemerintah daerah telah menetapkan tema pembangunan yaitu akselerasi pembangunan ekonomi dan perbaikan pelayanan dasar.

Rancangan APBD tahun anggaran 2023, Kata Sekda Takalar pendapatan daerah direncanakan mencapai Rp 1,106 triliun.

Sementara, secara garis besar anggaran belanja daerah dalam RAPBD tahun anggaran 2023 direncanakan sebesar 1,112 triliun.

Dari total proyeksi pendapatan dan rencana belanja daerah tersebut diatas menunjukkan bahwa anggaran pendapatan dan belanja daerah mengalami defisit sebesar Rp 5,7 miliar yang diseimbangkan dengan rencana pembiayaan.

“Untuk meningkatkan kemampuan fiskal daerah, pemerintah daerah perlu mengedepankan sumber-sumber pembiayaan yang potensinya besar untuk menjadi fokus program dan kegiatan,” Jelas H. Muhammad Hasbi.

Mengingat dampak pajak yang belum begitu signifikan, tambahnya maka Pemda perlu memberi perhatian khusus terhadap pengelolaan pajak daerah, tentu dengan tidak mengabaikan sumber PAD yang lain.